Kamis, 04 Agustus 2016

Pantai Teres

Pantai Teres (19/06/2016)
Faut Muti
Kali ini saya membagikan sebuat spot wisata pantai di bagian selatan Pulau Timor namanya Pantai Teres. Pantai ini tepatnya berada di desa Buraen Kecamatan Amarasi Selatan Kabupaten Kupang. 
Pantai yang berjarak 60 km dari kota Kupang ini bisa ditempuh dari Jalur Timur melewati Kelurahan Oesao Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang atau melalui Barat Daya dari Baun Kecamatan Amarasi Barat

Team MTMT menggunakan rute Timur melalui Oesao dari persimpangan pasar lama oesao kita belok kanan melewati Oekabiti menuju desa buraen melalui Taman Hutan Raya Johannes desa kotabes Kecamatan Amarasi.

Setelah melewati Hutan Raya Johannes perjalanan diteruskan menuju komplek Satuan Radar 241 Buraen di Amarasi Selatan.
Fatu Brau
Konon Coverage Radar 241 Buraen ini bisa menjangkau wilayah ruang udara (Flight Information Region) antara lain FIR bagian barat s/d 45%  Bali, bagian selatan 45% Darwin dan bagian utara 10% Ujung Pandang dan bagian barat sebagian wilayah udara Maluku selatan dan tenggara barat. Bagi teman2 yang bermaksud mengunjungi pantai teres tidak ada salahnya kalo kita menyinggahi kompleks Satuan Radar Angkatan Udara ini karena merupakan salah satu aset Alutsista bangsa Indonesia untuk mengamankan wilayah udara kita.

Kembali ke tujuan kita yakni ke pantai Teres, setelah melewati komplek Satuan Radar ini kita seakan mengelilinginya karena jalan menuju pantai puru memutari 1/4 komplek radar kemudian terus melalui jalan utama kita akan melewati sebuh tebing tinggi namanya Fatu Brau. Teman2 Tapaleuk bisa mampir sebentar untuk selfie di tebing batu ini. Tidak terlalu sulit untuk mencapai tebing tersebut karena sudah ada jalan setapak menuju tebing. 

Dokumentasikan kehadiran teman2 di Fatu Brau ini dengan mengambil latar belakang Panorama Pantai Teres, hasilnya pasti sangat mengagumkan. Hati2 bila mengambil foto karena tebingnya sangat tinggi, ujung batunya yang tanpa penghalang, jangan sampai terpeleset saja.

Kondisi jalan dari Kota Kupang melewati Oesao, Oekabiti dan Buraen (sampai komplek Satuan Radar Buraen) ini jalannya sudah beraspal selanjutnya rute jalan selepas radar sampai dengan pantai Teres masih berupa jalan pengerasan yang belum diaspal.

Menurut informasi yang dihimpun Team MTMT, jalan menuju Pantai Teres ini dikerjakan sejak tahun 2015 oleh Kementrian Pekerjaan Umum melalui dana APBN. Apabila Proyek Peningkatan Jalan ini jika telah selesai dikerjakan nanti maka Akses wisata ke Pantai2 selatan pulau Timor akan terbuka lebar karena di bagian selatan pulau Timor ini akan terhubung badan jalan hotmix mulai dari Tabulolong, Oemoro sampai Panite  sejauh 112 km. 


Jalan dari Desa Buraen ke Pantai Teres belum diaspal
Teman2 Tapaleuk disarankan selalu mencari informasi bila berencana ke pantai Teres melalui buraen karena rute jalan menurun khusunya di Fatu Brau ini sangat tidak stabil. jika kita menggunakan City Car atau Station Wagon semisal (Jazz, Avanza, Rush, dll) yang hanya berpengerak 2 roda (Two Wheel Drive) bila teman2 memaksa juga saat sekarang ke Pantai teres sangat disarankan menggunakan mobil berpenggerak 4 roda (Four Wheel Drive) berjenis Jeep,Taff, Toyota, Jimny. Dengan kendaraan roda 2 / motor mungkin sedikit lebih mudah untuk melewati tanjakan tersebut.

Karena jika tetap memaksa menggunakan mobil Wagon atau City Car akan kesulitan di tanjakan Fatu Brau apalagi kalau jalan basah akibat hujan hmmmm badan jalannya bisa jadi medan Offroad tuh. Apa mau mobil bagus teman2 Tapaleu digunakan di medan Offroad salah2 bisa rusak dan tidak bisa pulang rumah deh. Mudah-mudahan dalam tahun ini jalannya sudah teraspal ya.
Jalan di Pantai teres telah di Hotmix

Setelah menuruni fatu brau maka Pantai Teres sebentar lagi kita temui dengan adanya badan jalan sepanjang pantai teres yang telah di aspal Hotmix kurang lebih sepanjang 7 km di bibir pantai kita dapat menyusuri pantai selatan Kecamatan Amarasi ini. Karakter Pantai ini hampir sama dengan Oetune atau kolbano demikian bentuk kebanyakan dataran pantai yang menghadap Laut Timor yang terbuka dengan gelombang panjang yang pecah dibiri pantai sampai dengan banyak batuan kerikil laut dibibir sepanjang pantai ini.


Faut Muti
Jika Teman2 Tapaleuk ingin menikmati halusnya pasir pantai teres dapat menuju arah barat laut atau ke sebeleh kiri jalan utama jika kita berhadapan dengan laut terus sampai ke sebuah muara kali. 

Adapun beberapa Spot pemotretan di pantai teres ini antara Lain Faut Muti atau Batu Jamur Batu ini hanya dapat dicapai saat air laut surut, kemudian Batu ditengah pantai saya juga belum tau namanya jadi saya namakan Batu Pohon he...he...he... STL (sok Tau Lu). 


Pohon Bakau di Pantai Teres
Pantai di dekat Batu Pohon ini cukup nyaman lumayan bersahabat ombaknya tidak terlalu besar dan pasirnya lembut. Karena laut masih pasang kami tidak bisa mendekat batu ini. mungkin lain kali saja.

Semoga dimasa depan akses jalan melalui pantai selatan ini sudah terhubung seluruhnya sesuai rencana dan harapam Team MTMT dan masyarakat NTT agar pantai2 yang indah seperti ini dapat di kembangkan sebagai pantai pariwisata terbuka dan bukan menjadi wilayah private yang dimiliki oleh orang atau company tertentu yang membuat masyarakat kebanyakan dengan budger / dana terbatas tidak bisa menikmatinya sepert pantai Nihiwatu di Sumba.

Demikian Destinasi pantai Teres ini kita posting sebagai bahan referensi bagi teman2 yang berencana "Tapeleuk" ke Pantai di Pulau Timor. 

Salam MTMT (My Trip My Tapaleuk).... Tapaleuk yang bermanfaat....

4 komentar:

  1. Mantap Om Nen...
    Pengen jalan2 kesitu.. Hehehe

    BalasHapus
  2. Nanti pulang Kupang, ketong pi rame2 Pak Jeep.

    BalasHapus
  3. natural scenery in east nusa tenggara especially TERES beach

    BalasHapus
  4. Kerenn eee
    B blom prnh pi,padahal rumah di Oekabiti

    BalasHapus