Senin, 08 Agustus 2016

Air Terjun Tesbatan

 Air Terjun Tesbatan (14/06/2015)

Hai teman2 Tapaleuk, kali ini saya posting lagi salah satu Objek wisata yang masih di wilayah Kabupaten Kupang. Kalau sebelumnya kita sudah menceritakan beberapa Objek Wisata Pantai dan Gunung naah kali ini kita beralih ke daratan. Tempat yang sejuk dan rindang ini sangat nyaman untuk dikunjungi apalagi pada saat2 musim kemarau di Kota Kupang yang terkenal panas terik. Air Terjun Tesbatan Bak Oase tersembunyi dapat menyegarkan tubuh kita dengan kesejukan aliran arus air terjun yang seakan tiada hentinya mengalir sepanjang tahun. 

Terletak di Desa Oenoni II, Kecamatan Amarasi - Kabupaten Kupang dengan jarak  +/- 54 km dari kota Kupang dapat ditempuh selama 1 jam 45 menit dengan kendaraan roda empat dengan mengambil rute Jalan Timor Raya menuju persimpangan pasar Oesao, kita berbelok ke arah kanan persimpangan menuju desa Oekabiti dan dari Oekabiti perjalanan kita arahkan ke desa Tesbatan. 

Sesampainya di Tugu jalan di desa Tesbatan  kita aka berbelok ke kanan menuju dusun Oenoni II letak Air terjun ini berada, sesampainya di pintu masuk menuju air terjun ini kita memarkir kendaraan di tempat parkiran yang sudah disediakan +/- 300 meter dari pintu masuk tersebut dan karcis parkiran juga mahal dimana untuk roda 2 Rp. 2. 000,- dan Roda empat Rp. 5.000,-, selanjutnya untuk mencapai air terjun ini harus ditempuh dengan berjalan kaki sejauh +-/ 250 m lagi melaui jalan setapak.

Kami menyarankan kepada Teman2 Tapaleuk agar membawa bekal secukupnya untuk bertamasya ke Air terjun ini karena jalan setapak ini cekup terjal dan sempit apalagi jika dimusim hujan cukup melelahkan atau merepotkan bila kita menjinjing atau memikul bekal yang banyak.


Sesampainya di air terjun ini kelelahan akibat jalan berjalan kaki tadi langsung hilang menyaksikan jernihnya air terjun Tesbatan dengan ketinggian berkisar 4 s/d 5 meter dengan warna Air Hijau kebiruan serta kelembaban udara disekitarnya yang sejuk serta vegetasi berbagai tumbuhan dan pepohonan besar disekeliling kolam air terjun menjadi kanopi yang memayungi sebagian besar tempat pemandian ini dari teriknya sinar matahari.

Pada hari-hari libur (hari Sabtu atau MInggu) biasanya Air Terjun ini sangat ramai dikunjungi bahkan untuk memarkir kendaraan saja rada sulit jadi Team MTMT menyarankan kepada Teman2 Tapaleuk untuk datang lebih pagi karena masih sepi pengunjung atau menggunakan hari2 selain sabtu atau minggu. Anda dapat menikmati air terjun ini bak kolam Privasi yang sendirian atau sekeluarga berenang atau melompat dari ketinggian air terjun atau berdiri di tebing aliran air terjun untuk merasakan semburan jatuhnya air seakan kepala dan tubuh kita di pijak oleh tekana  air terjun.


Selain di Airt Terjun bagian bawah air terjun ini juga bagus untuk acara pemotretan berlatar belakang aliran dan tebing2 Relief air terjun Tesbatan yang sejuk dan jernih.

Team MTMT berangkat dari Kota Kupang jam 08:00 pagi dan sampai di lokasi berkisar jam sepuluh kurang. Belum ada pengunjung dilokasi sehingga kita dapat menikmati sepuasnya dan sekaligus meng-Explore Air terjun dan lokasi sekitarnya dengan nyaman dan mandi bagaikan mandi di pemandian milik sendiri. Diatas Air terjun kami menemukan aliran kali yang mengarahkan air ke tebing jatuhnya air sedangkan dibagian bawah air terjun terdapat pula dinding tinggi tempat mengalirnya air melalui beberapa bibir tebing menuju kolam dibawahnya lagi yang dangkal.


Air Terjun ini memiliki beberap tingkat dan mengingat diseluruh lokasi daerah aliran air terjun ini selalu basah dan menjadikannya cukup licin jadi teman2 Tapaleuk agar hati2 berpindah tempat menuju lokasi diatas maupun dibagian bawah air terjun ini. 
Seluruh dareah air aliran air terjun ini masih bersifat alami dan belum direkayasa oleh tangan manusia, endapan daun dan batang pohon maupun ranting2 yang terbawa arus air juga mengendap di berbagai sisi aliran air ini menjadikannya benar2 alami.

Mari berkunjung ke Air Terjun Tesbatan, semoga teman2 Tapaleuk dapat menikmati Kesejukan lingkungan dan dinginnya aliran arus air ini dengan nyaman dan penuh kepuasan.

Salam MTMT (My Trip My Tapaleuk) .... Tapaleuk yang Bermanfaat...



2 komentar:

  1. airnya biru banget ya pak, duhh belum pernah kesana, kurng mengeksplore timor nih....

    BalasHapus
  2. Dulu lupa saya infokan ke Bali Nyoman ya. Kalo nanti dapat tugas Audit ke Kupang saya antarindividu ya

    BalasHapus